Daerah

Kolaborasi Lapas Singaraja-Hakim Wasmat Tinjau Proses Pembinaan Narapidana

SINGARAJA imigrationtoday.id, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singaraja menggandeng Hakim Wasmat Pengadilan Negeri (PN) Singaraja, meninjau proses pembinaan warga binaan pemasyarakatan, Rabu (5/3/2025).

Kepala Lapas Singaraja, I Gusti Lanang ACP menjelaskan bahwa pihaknya terus berupaya membangun sinergi dan kerja sama dengan Aparat Penegak Hukum dan pemangku kepentingan lainnya, baik yang berhubungan dengan Warga Binaan maupun hal lain yang menyangkut organisasi dan pelayanan kepada masyarakat.

“Terima kasih atas kunjungannya ke Lapas Singaraja. Semoga sinergi kita selalu terjalin agar dapat memberikan dampak pelayanan maksimal bagi masyarakat Buleleng,” harap Lanang.

Lanang menambahkan, kunjungan ini berkaitan dengan salah satu tugas hakim, yaitu melakukan pengawasan dan pengamatan (wasmat) terhadap pelaksanaan hukuman dalam hal pidana perampasan kemerdekaan.

Sementara, Hakim Wasmat PN Singaraja I Gusti Made Juliartawan, menjelaskan dalam konteks hakim sebagai pengawas, pihaknya bertugas untuk mengadakan pemeriksaan di Lapas paling lambat tiga bulan sekali.

Pada kesempatan tersebut, Hakim Wasmat bakal memeriksa kebenaran berita acara pelaksanaan eksekusi pengadilan yang penandatanganan Jaksa, Kalapas, dan terpidana.

Hakim Wasmat juga mengobservasi keadaan, suasana, dan kegiatan-kegiatan yang berlangsung di Lapas serta mengamati tingkah laku Warga Binaan setelah selesai menjalani pidana untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pembinaan atau pelatihan di Lapas terhadap perilaku mereka.

“Data-data ini kami perlukan demi terciptanya hukum dan pola pembinaan yang baik seperti yang diharapkan,” ucap I Gusti Made Juliartawan.

Pada peninjauan tersebut, Hakim Wasmat berkesempatan mewawancarai beberapa Warga Binaan sekaligus meninjau langsung blok hunian, program pelatihan yang mereka jalankan di Lapas. Bahkan, langkah inovatif Lapas Singaraja dalam program pembinaan mendapat pujian.

“Inovasi yang ada ini sangat baik karena mampu memberikan pelayanan yang maksimal dan meningkatkan indek persepsi kepuasan masyarakat,” pungkas Juliartawan. (***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button